SAN FRANCISCO

 

Panorama

 

San Francisco merupakan kota terpadat ke-4 di California dan ke-12 di Amerika Serikat dengan perkiraan populasi (2009) sebanyak 820.000 jiwa. Dibangun sejak 29 Juni 1776 oleh Letnan Jose Joaquin Moraga dan Francisco Palou dikenal sebagai kota yang ditata dengan sistem blok. Kota ini menawarkan natural landscape, bangunan bersejarah, dan udara sejuk untuk menarik perhatian para turis. Salah satu bangunan bersejarah yang dapat dinikmati di kota dengan nama asal Santo Fransiskus dari Asisi tersebut adalah Golden Gate di Semenanjung San Francisco dan Marin.

Jembatan ini memiliki 6 jalur lalu lintas, dan sejak 2003 dibuatkan pagar antara trotoar dan jalur lalu lintas. Jalan utama di sisi timur, biasa digunakan oleh para pejalan kaki dan sepeda pada pagi dan sore hari selama hari kerja, dan pejalan kaki hanya menggunakannya pada siang hari. Di sisi timur disediakan lajur untuk pejalan kaki pada akhir pekan, dan terbuka secara eksklusif untuk pengendara sepeda di malam hari. Jalan di sisi barat hanya dibuka untuk pengendara sepeda saat tidak diperbolehkan melintas di jalan timur.

Layanan bus yang melintasi jembatan disediakan oleh 2 lembaga transportasi umum yakni San Francisco Muni dan Golden Gate Transit. Muni menawarkan pelayanan pada Sabtu dan Minggu, sementara itu Golden Gate Transit yang berjalan di jalur bus sepanjang minggu.

 

 

Golden Gate sepanjang 2727 meter dimulai konstruksinya 5 Januari 1933

 

 

Jembatan ini khas dengan cat warna merah resmi dibuka pada 27 Mei 1937
 

Kita tidak hanya menikmati pemandangan jembatan saja, tetapi dapat mengunjungi Golden Gate Park yang memiliki sarana kebun, taman bermain, danau, kebun piknik, jalan, dan monumen.

Juga dapat mengunjungi kawasan shopping center Powell Street dan Howard Street. Banyak rumah makan atau cafe yang buka hingga larut malam seperti Subway Cafe yang menawarkan beragam hamburger dengan harga relatif murah. Dari kawasan ini pula kita dapat menikmati pemandangan San Francisco dengan menaiki cable car dengan rute Powell ke Hyde dan berakhir di dekat Ghirardelli Square yang juga lokasi untuk berbelanja atau makan. Saat menaiki cable car, kita akan dibawa melintasi Lombard Street yang disebut sebagai 'jalan berliku di dunia'. Tidak jauh dari Lombard Street, kita dapat mengunjungi San Francisco Maritim Museum, Street Pier Hyde, atau hanya bersantai di tepi air dan menonton kapal yang lewat. Jika kita lapar ketika turun dari cable car, kita dapat mampir ke Kennedy Irish Pub and Curry House, sebuah bar campuran Irlandia, ada permainan arcade, dan makanan India yang lezat.

 

 

 


 

US$ 1 ekuivalen Rp 14.000,- (January 2017)

 

 

         

 

 

Powered by:  SECAPRAMANA.Net.Inc.  Copyright@2000  All Rights Reserved